Senin, 05 Juli 2010

Menyelesaikan Konflik

Konflik merupakan sesuatu yang melekat dalam kehidupan manusia, ketika berinteraksi,berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan berbagai pihak dalam berbagai kondisi dan peristiwa. Untuk itu perlu adanya analisis konflik untuk bisa menyelesaikan konflik yang ada dengan tepat, analisis konflik dalam konteks pembangunan merupakan suatu alat yang digunakan untuk menelaah, menemukan dan memformulasikan kondisi masyarakat secara komprehensif dalam kerangka program pembangunan mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Konflik adalah mengenai persepsi dan pengertian orang-orang mengenai kejadian, kebijakan dan institusi. Analisis konflik disini membantu para pemangku kepentingan untuk mempertimbangkan kembali perspekstif mereka, yang lebih sering sangat dipengaruhi oleh emosi, salah-pengertian, asumsi, kecurigaan dan ketidakpercayaan. 


Dalam situasi-situasi konflik, emosi dapat dengan mudah mengalahkan logika dan kenyataan. Karena itu penting untuk membedakan opini dari fakta. Analisis konflik bukan kegiatan penelusuran yang berdiri sendiri tetap berkaitan erat dengan elemen dan tugas pokok pengembangan dan pola pengelolaan konflik secara berkelanjutan.Analisis konflik didasarkan pada pandangan bahwa masyarakat memiliki struktur dan tingkat yang sangat kompleks dan membutuhkan kerangka kerja komprehensif untuk memahami masalah, persepsi, pertentangan antara kelompok, sumber daya, kelembagaan dan membangun aksi bersama dalam masyarakat. Oleh kerena itu, dibutuhkan pedoman berupa prinsip-prinsip yang disepakati bersama berdasarkan informasi yang lengkap. Beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam melakukan analisis konflik adalah sebagai berikut:
Ø Kehandalan instrumen atau alat bantu yang digunakan untuk pengumpulan dan analisis terhadap isu dan fenomena konflik yang terjadi. Tidak mudah merancang dan menguji alat bantu atau teknis analisis yang mampu meningkatkan kesahihan dari perangkat yang disusun.
Ø Partisipasi berbagai pihak atau pemangku kepentingan untuk melakukan identifikasi, penelusuran, penilaian dan merumuskan visi bersama. Keterlibatan pihak-pihak yang berkonflik sangat membantu dalam merancang kegiatan dan menetapkan pokok strategi dalam penanganan konflik dan membangun keberlanjutan.
Ø Analisis konflik harus menguji konteks pengembangan secara komprehensif mencakup aspek sosial, ekonomi, politik, sumber daya alam dan isu-isu global.
Ø Kondisi psikologis pihak-pihak yang berkonflik merupakan aspek penting dalam pengelolaan konflik. Hal ini tidak berarti bahwa fakta lebih penting daripada persepsi atau perasaan, karena para pemangku kepentingan memiliki cara yang berbeda dalam memahaminya.
Ø Transformasi sosial merupakan hal penting dalam menyediakan ruang kerjasama dalam mengelola konflik. Hal ini juga mencakup upaya peningkatan kapasitas lokal dalam penanganan konflik secara terintegrasi.
Ø Acuan waktu mencakup perencanaan, implementasi strategi, evaluasi dan tindak lanjut dalam kerangka penahapan konflik. Aktivitas analisis konflik hendaknya menetapkan cakupan pekerjaan dan rentang waktu penyelesaian berdasarkan indikator pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
Ø Fleksibilitas dan penyesuaian dalam menentukan perangkat dan cara menggunakannya bersama kelompok. Pertimbangkan pula pada saat mana mengintegrasikan dengan perangkat lainnya. Setiap tindakan atau program hendaknya dilakukan bertahap dan disesuaikan dengan situasi dan tingkat penerimaan masyarakat. Karakteristik informasi dan data yang dikumpulkan akan berbeda pada setiap kasus. Kerapkali informasi yang lebih banyak lebih baik daripada lebih sedikit, namun tidak semua informasi relevan, valid, dapat dipercaya atau berguna dalam penarikan kesimpulan. Kebutuhan informasi perlu dibatasi oleh beberapa faktor diantaranya waktu, tenaga ahli, dan sumberdaya. Pembatasan definisi dan metodologi perlu dilakukan dalam melakukan analisis konflik agar terhindar dari penyimpulan-keputusan yang tidak tepat.

Karakteristik informasi dan data yang dikumpulkan akan berbeda pada setiap kasus. Kerapkali informasi yang lebih banyak lebih baik daripada lebih sedikit, namun tidak semua informasi relevan, valid, dapat dipercaya atau berguna dalam penarikan kesimpulan. Kebutuhan informasi perlu dibatasi oleh beberapa faktor diantaranya waktu, tenaga ahli, dan sumberdaya. Pembatasan definisi dan metodologi perlu dilakukan dalam melakukan analisis konflik agar terhindar dari penyimpulan-keputusan yang tidak tepat.
Analisis konflik bukan merupakan suatu tujuan atau target akhir dalam persoalan konflik. Analisis konflik merupakan bagian dari proses belajar masyarakat dalam membangun kesadaran kritis dan kapasitas untuk mengidentifikasi, menelaah dan merumuskan aksi bersama berkaitan isu-isu (membangun kapasitas). Untuk mewujudkan proses pembelajaran, analisis konflik harus dijalankan secara partisipatif. Melalui pertukaran informasi, orang kemungkinan besar menjadi fokus pada masalah nyata dalam proses negosiasi. Meskipun demikian, orang-orang kemungkinan akan menjadi berhati hati dalam pengungkapan beberapa jenis informasi.
Ini adalah sekelumit yang dapat diberikan berkaitan dengan analisis sosial, karena memang pada dasarnya bicara mengenai konflik itu sendiri tak akan ada habisnya. Keanekaragaman manusia dan keanekaragaman karakteristik manusia itulah yang menyebabkan beragamnya konflik dan beragam pula penyelesaiannya. Perlu ada kesabaran yang ekstra untuk bisa menyelesaikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar