Minggu, 14 Februari 2010

Konsep Pendidikan Islam

KONSEP PENDIDIKAN ISLAM

Pandangan dasar yang berhubungan dengan pengembangan teorisasi dalam Ilmu Pendidikan Islam adalah mencakup permasalahan kependidikan yang pada garis besarnya dapat dianalisa dari aspek-aspek konsepsional tentang :
a. Hakikat pendidikan Islam adalah proses membimbing dan mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan anak didik agar menjadi manusia dewasa sesuai tujuan pendidikan Islam
b. Asas pendidikan Islam adalah asas perkembangan dan pertumbuhan dalam peri kehidupan yang berkeseimbangan antara kehidupan duniawiah dan ukhrawiyah, jasmaniyah dan rohaniah atau antara kehidupan materiil dan mental spiritual. Asas-asas yang lain dalam pelaksanaan operasional seperti asas adil dan merata, asas menyeluruh dan asas integritas, adalah juga dijadikan pegangan dalam pendidikan praktis sesuai pandangan teoritis yang diperangi

c. Modal dasar pendidikan Islam adalah kemampuan dasar (fitrah) untuk berkembang dari masing-masing pribadi manusia sebagai karunia Tuhan. Kemampuan dasar ini merupakan potensi mental spiritual dan fisik yang diciptakan Tuhan sebagai fitrah yang tidak bisa diubah atau dihapuskan oleh siapapun, akan tetapi dapat diarahkan perkembangannya dalam proses pendidikan sampai titik optimal yang berakhir pada takdir Tuhan. Bagi masing-masing manusia kelainan watak kepribadian akibat berbeda-bedanya kemampuan dasar dan keturunan adalah dipandang sebagai realitras individual yang menuntut kesempatan berkembang melalui proses kependidikan yang tepat dan akurat. Tanpa penyediaan kesempatan yang cukup memadai (favourable) maka kemampuan dasar tersebut tidak akan mengalami perkembangan yang progresif vertikal vertikal dan horizontal secara normal dan optimal
d. Sasaran strategis pendidikan Islam adalah menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai agama dan nilai-nilai ilmu pengetahuan secara mendalam dan meluas dalam pribadi anak didik, sehingga akan terbentuklah dalam dirinya, sikap beriman dan bertaqwa dengan kemampuan mengembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan istilah lain sasaran pendidikan Islam adalah mengintegritaskan iman dan taqwa dengan ilmu pengetahuan dalam pribadi manusia untuk mewujudkan kesejahteraan hidup di dunia dan kebahagiaan di akhirat.
e. Ruang lingkup pendidikan Islam mencakup kegiatan-kegiatan kependidikan yang dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan dalam bidang atau lapangan hidup manusia yang meliputi :
1. Lapangan hidup keagamaan, agar perkembangan pribadi manusia sesuai dengan norma-norma ajaran Islam
2. Lapangan hidup berkeluarga, agar perkembangan menjadi keluarga yang sejahtera
3. Lapangan hidup ekonomi, agar dapat berkembang menjadi sistem kehidupan yang bebas dari penghisapan manusia oleh manusia
4. Lapangan hidup kemasyrakatan, agar terbina masyarakat yang adil dan makmur di bawah rida dan ampunan Allah SWT
5. Lapangan hidup politik, agar tercipta sistem demokrasi yang sehat dan dinamis sesuai ajaran Islam
6. Lapangan hidup seni dan budaya, agar menjadikan hidup manusia penuh keindahan dan kegairahan yang tidak gersang dari nilai moral agama
7. Lapangan hidup ilmu pengetahuan agar berkembang menjadi alat untuk mencapai kesejahteraan hidup umat manusia yang dikendalikan oleh iman
f. Metode yang digunakan dalam proses pencapaian tujuan adalah metode yang didasarkan atas pendekatan-pendekatan keagamaan (religius) kemanusiaan (humanity) dan ilmu pengetahuan (Scientific). Sistem pendekatan tersebut dilakukan atas landasan nilai-nilai moral keagamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar