Kamis, 20 Mei 2010

Makna Sebuah Agama

Terkadang aku berfikir dalam kesendirianku, apa sebenarnya agama itu? Tapi aku tak jua menemukan jawabannya, yang ku temukan adalah realitas yang menyedihkan hatiku. Aku terpaku dan terus bertanya, apakah benar agama mengajarkan seperti apa yang aku lihat dalam realitas kehidupan ini?



Entahlah…..
Aku tak pernah mengerti, karena memang pengetahuan agamaku sangat minim.
Aku melihat realitas kehidupan beragama yang mengacaukan dan meragukan pandanganku terhadap agama yang selama ini aku anut.

Aku bertanya dan terus bertanya…..
Kenapa agama menjadikan seseorang kaku dan tak berperikemanusiaan?
Apa memang benar tujuan agamu seperti itu?
Untuk saling mengolok-ngolok,
Untuk saling menindas satu dengan yang lain,
Untuk membumihanguskan yang lain,

Dalam agamaku diajarkan bahwa Tuhan Maha Pengasih dan Penyayang…
Dan saya kira semua Tuhan sama diagama manapun,
Dia menginginkan umatnya berperilaku asih terhadap sesama umatNya…

Tapi kenapa tak sedikit umat yang tak menerapkan nilai-nilai itu?
Mereka selalu beranggapan bahwa mereka benar dan mereka yang lainlah yang salah…

Yach……
Terserahlah apa mereka menganggap Apa Agama mereka?
Apakah sebagai tameng memperoleh popularitas?
Apakah benar-benar menerapkan dan berperilaku asih terhadap sesame?
Atau apalah?
Terserah mereka….

Yang jelas saat ini aku hanya ingin berbuat baik kepada orang lain,
Tidak menyakiti orang lain,
Dan melakukan yang terbaik…
Apapun itu…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar